BJM.web.id – Ketika datang untuk membangun bisnis dengan kredibilitas dari awal, mungkin sulit untuk membangun tempat Anda di arena startup yang sangat kompetitif. Bagaimana Anda bisa meyakinkan pelanggan untuk memilih layanan Anda daripada banyak merek mapan lainnya?
Startup harus bekerja cepat untuk membangun kredibilitas agar dapat maju dari paket. Sebagai pemilik startup, Anda dapat mencoba beberapa taktik ramah dan anggaran minimal ala Rifqi Mulyawan yang merupakan owner salah satu blog teknologi di Indonesia berikut untuk membangun kredibilitas startup Anda terutama dengan audiens Anda.
1. Membuat Website Profesional
Kesan pertama itu penting. Apa pun produk atau layanan yang Anda jual, situs web yang dirancang dengan baik, menarik, dan mudah digunakan adalah unsur penting untuk setiap bisnis yang sukses.
Tidak ada situs web berarti kehilangan bisnis, sementara situs web yang dirancang dengan buruk sulit digunakan dan memberikan kesan yang salah kepada perusahaan Anda.
Calon pelanggan akan ingin memeriksa situs web Anda untuk mengidentifikasi siapa Anda, apa yang Anda tawarkan dan apakah mereka ingin berinvestasi atau tidak dalam layanan Anda.
Jika situs Anda tidak memenuhi harapan konsumen, mereka kemungkinan besar akan mengabaikan Anda sepenuhnya. Untungnya, Anda tidak perlu uang tunai untuk mendapatkan desain profesional.
Gunakan situs web berbasis template seperti Shopify atau Squarespace untuk membangun situs yang menyertakan penawaran Anda, tentang halaman, contoh pekerjaan dan klien, dan informasi kontak.
2. Jadikan Diri Anda Mudah Diakses
Jika Anda ingin membangun kepercayaan dengan audiens Anda, penting untuk membuatnya mudah bagi mereka untuk menjangkau dan berinteraksi dengan merek Anda.
Gunakan berbagai saluran sehingga pelanggan tahu ke mana harus menghubungi Anda dan menerima layanan pelanggan yang cepat dan membantu. Sangat penting untuk memiliki kehadiran aktif di platform media sosial seperti Twitter dan Facebook.
Di sini, Anda dapat membantu pelanggan menjangkau Anda dan melibatkan mereka dengan berita dan konten yang terkait dengan bisnis Anda. Meskipun kehadiran media sosial sangat penting, jangan abaikan juga bentuk komunikasi tradisional.
Alamat email bisnis, telepon rumah dan alamat kantor fisik adalah cara bagi pelanggan untuk menghubungi Anda dan tahu bahwa Anda adalah sebuah bisnis yang sah dan kredibel.
3. Jadikan Diri Anda sebagai Pengaruh
Blogging adalah cara terbaik untuk mempromosikan diri Anda sebagai seorang ahli di bidang Anda. Tulis posting blog yang bertujuan untuk memberi informasi, menginstruksikan atau menghibur.
Tawarkan kiat industri pembaca Anda, saran produk dan konten lain yang memberikan nilai atau menjawab pertanyaan mereka. Setelah Anda membuat blog yang menarik dan ditulis dengan baik, gunakan pengetahuan ahli Anda untuk posting tamu di blog dan situs web lain.
Jadikan diri Anda sebagai pengaruh industri dan pemimpin dalam bidang Anda untuk membangun kredibilitas merek Anda. Anda masih dapat berpengaruh meskipun Anda tidak punya waktu atau sumber daya untuk aktif menulis blog.
Menawarkan saran di forum, menjawab pertanyaan Quora yang relevan, dan mengomentari posting blog industri terkemuka untuk mengembangkan suara yang kredibel dalam bidang Anda.
4. Hadir di Dunia Fisik
Dengan begitu banyak startup online yang berlomba-lomba mencari perhatian dan offline, mempertahankan kehadiran yang terlihat di dunia fisik masih merupakan cara yang bagus untuk membuat brand Anda diperhatikan.
Penelitian telah menunjukkan bahwa papan iklan, iklan halte, dan bentuk-bentuk iklan outdoor atau luar ruang lainnya lebih dipercaya daripada iklan daring dan telah terbukti mendorong lebih banyak tindakan keterlibatan merek, terutama pada smartphone.
Mereka menciptakan daya tahan merek yang dirasakan dan menambah legitimasi bagi perusahaan yang seharusnya hanya ditemui online.
Secara tradisional iklan luar ruang telah menjadi cadangan tunggal merek-merek besar dengan anggaran pemasaran besar. Namun, sejumlah platform online sekarang tersedia untuk bisnis untuk menyewa ruang iklan luar ruang klik-untuk-membeli.
Iklan dapat menjadi spesifik terkait lokasi dan waktu untuk mencapai pasar target Anda secara efektif.
5. Mencari Feed Back atau Umpan Balik Pelanggan
Menurut penelitian yang dilakukan Rifqi Mulyawan, 88% konsumen mempercayai ulasan online dan juga rekomendasi pribadi, memberi pelanggan Anda insentif untuk meninjau produk atau layanan Anda sangat penting.
Pertimbangkan untuk menawarkan diskon atau produk gratis kepada mereka yang menulis ulasan bermanfaat.
Mencari umpan balik dari pelanggan yang bahagia dan membangun halaman testimonial khusus di situs web Anda untuk menunjukkan kepada calon klien berapa banyak pelanggan puas yang dimiliki merek Anda.
Itulah kiranya apa yang dapat Kami sampaikan di sini, semoga dapat bermanfaat. Salam sukses dari saya Rifqi Mulyawan, Thank’s.