Friday, March 17, 2023
BJM.web.id
  • Bisnis
    Tool Whatsapp Marketing Canggih Watzap

    WatZap Tool WhatsApp Marketing Tercanggih

    Cara Menentukan Harga Sewa Mobil

    7 Cara Menentukan Harga Sewa Mobil

    Jasa Pembuatan Website

    6 Tips Memilih Penyedia Jasa Pembuatan Website Profesional

    Dinastindo Pratama Pabrik Kardus

    Kardus Sebagai Sarana Kemasan dan Karya Seni

    Aplikasi Investasi Terpercaya

    Aplikasi Investasi Terpercaya Anti Scam

  • Parenting
    Melatih Anak Puasa Sejak Dini

    3 Langkah Melatih Anak Puasa Sejak Dini

    Tips Pintar Merawat Bayi

    5 Tips Pintar Merawat Bayi

    Manfaat Membaca Dan Menulis

    4 Manfaat Membaca dan Menulis untuk Anak Kecil

    Membuang Sampah Pada Tempatnya

    4 Cara Melatih Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya Sejak Dini

    Bahaya Popok Untuk Bayi

    5 Bahaya Popok untuk Bayi

  • Rumah
    Desain Taman Rumah Minimalis Terbaru

    3 Gambar Desain Taman Rumah Minimalis Modern

    Berkebun Vertikal Di Lahan Rumah Minimalis

    Berkebun Vertikal di Lahan Rumah Minimalis

    Menata Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas

    3 Cara Menata Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas

    Gambar Dapur Minimalis Ukuran 3×3 Modern

    3 Gambar Dapur Minimalis Ukuran 3×3 Modern

    Gambar Desain Rumah Minimalis Mewah Modern

    5 Gambar Desain Rumah Minimalis Mewah Modern

  • Tekno
    Cara Setting Shopee Food Gacor

    19 Cara Setting Shopee Food Gacor

    Cara Autobid Indriver

    19 Cara Autobid InDriver

    Cara Membuat Akun Gojek Prioritas Gofood

    30 Cara Membuat Akun Gojek Prioritas GoFood

    Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

    19 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

    Cara Agar Orderan Grabfood Gacor

    21 Cara Agar Orderan GrabFood Gacor

  • Wisata
    Rekomendasi Tempat Wisata Bandung

    6 Rekomendasi Tempat Wisata Bandung Terbaik

    Cara Traveling Sendirian

    5 Cara Traveling Sendirian Biar Lebih Seru Anti Kesepian

    Bangku Kasmaran Lamunan Martapura

    Bangku Kasmaran Lamunan Martapura

    Tempat Wisata Di Pelaihari

    5 Tempat Wisata Eksotis di Pelaihari Kalimantan Selatan

    Tempat Wisata Di Balangan Kalimantan Selatan

    5 Tempat Wisata Terfavorit di Balangan Kalimantan Selatan

  • Kesehatan
    Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori

    Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori

    Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Langsing Dan Ideal

    7 Cara Merawat Tubuh agar Tetap Langsing dan Ideal

    Jalan Kaki Sebagai Gaya Hidup Sehat

    Jalan Kaki sebagai Gaya Hidup Sehat

    Cara Menghilangkan Jerawat

    5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Khusus Kulit Berminyak

    Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

    5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung dalam Waktu Singkat

  • Keuangan
    Cara Cek Total Belanja Di Shopee

    Cara Cek Total Belanja di Shopee

    Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Beli Hp Iphone

    5 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Iphone

    Cara Menabung Uang Jajan 2000

    17 Cara Menabung Uang Jajan 2000

    Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat

    9 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

    Cara Menolak Teman Pinjam Uang

    12 Cara Menolak Teman Pinjam Uang Secara Sopan dan Halus

No Result
View All Result
BJM.web.id
No Result
View All Result

7 Cara Menagih Hutang ke Customer

Trik pintar dalam menagih hutang kepada customer Anda perlu diterapkan agar bisa dilunasi

BJM.web.id by BJM.web.id
June 29, 2022
in Keuangan
3 min read
Cara Menagih Hutang Ke Customer

Cara Menagih Hutang Ke Customer

0
SHARES
646
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

BJM.web.id – Cara menagih hutang ke customer yang membandel memang bukan hal yang mudah dilakukan. Bahkan tidak sedikit customer yang justru tersinggung saat ditagih hutang oleh kolektor. Namun jangan khawatir, sebagai kolektor kamu harus bisa memakai trik berikut saat menagih hutang kepada customer.

Cara Menagih Hutang ke Customer dengan Tepat Agar Cepat Dilunasi

Bagi kamu yang berprofesi sebagai kolektor atau penagih hutang perusahaan kepada customer, ada beberapa trik cara menagih hutang ke customer berikut :

1. Tanyakan Kabar Customer Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan penagihan hutang, sebaiknya berbasa basi terlebih dahulu menelepon customer dan menanyakan tentang kabar mereka. Jika mereka memiliki bisnis misalnya, tanyakan bisnis mereka terlebih dahulu.

Dengan hal ini, kamu memperlihatkan rasa kepedulian kamu terhadap customer sekaligus dapat mencairkan suasana saat berkomunikasi sebelum menagih hutang.

Namun kamu harus ingat, saat kamu menelepon atau menghubungi customer sebaiknya hubungi di waktu yang tepat. Karena ada beberapa orang yang bekerja pada pagi hari, Sebagian lagi ada yang bekerja siang atau sore hari.

Kamu juga bisa menanyakan kepada pihak debitur, jam berapa debitur bersedia berbicara. Hal tersebut penting supaya kamu bisa lebih menghemat banyak waktu.

2. Tanyakan Invoice Tagihan

Setelah menanyakan kabar mereka, cara menagih hutang ke customer selanjutnya yaitu kamu bisa mulai menanyakan terkait invoice tagihan. Tanyakan, apakah mereka telah menerima tagihan pembayaran angsuran yang dikirimkan, walaupun kamu merasa yakin tagihan tersebut telah dikirimkan kepada customer.

Jika customer menjawab belum, ini artinya kamu bisa memberitahukan melalui telepon sehingga mereka tidak bisa mengelak kembali. Namun sebaiknya, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek tagihan yang telah dikirimkan kembali kepada customer.

Hal tersebut bertujuan agar mereka bisa mengecek masa jatuh tempo pembayaran tersebut.

3. Lakukan Perbincangan Santai Tanpa Terkesan Menyudutkan

Jika sudah melakukan kedua hal di atas, lakukan pembicaraan atau perbincangan santai sambil bergurau. Hal ini dikarenakan jika kamu sering melakukan panggilan telepon sambil menyudutkan customer dan berkata tidak ramah, justru customer akan merasa terganggu. Bahkan mereka enggan menanggapi.

Selain itu, sebaiknya jangan menyalahkan customer. Mempunyai tagihan yang masih belum dibayar justru membuat mereka stress. Jadi biasanya hanya dengan menyalahkan debitur, bahkan menganggap mereka sudah gagal, tidak akan pernah membantu.

Cara menagih pembayaran ke customer dengan cara yang salah justru bisa membuat mereka malas untuk membayar hutang. Jadi, pastikan supaya customer tetap merasa nyaman saat berkomunikasi, meskipun kamu menghubunginya untuk menagih hutang.

Kamu harus berbicara dengan tenang sambil mencari tahu alasan debitur belum melakukan pembayaran tagihan. Selanjutnya, kamu bisa mencoba mencari solusi atas permasalahan tersebut.

4. Memberitahukan Tanggal Jatuh Tempo

Kamu bisa mengingatkan dan menjelaskan kembali tentang tanggal jatuh tempo pembayaran hutang customer. Walaupun sebagian besar dari customer mengingat tanggal jatuh tempo, namun terkadang ada beberapa yang sampai benar-benar lupa karena rutinitas atau kesibukan.

Untuk melakukannya tetap menggunakan bahasa yang ramah dan sopan. Jika kamu melakaukannya, mereka tidak akan merasa terganggu.

5. Bersikap Tegas Tentang Pelunasan Tagihan

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara di atas, tapi ternyata customer tidak juga mengindahkanmu atau terlihat acuh. Kamu harus mengambil langkah tegas tentang pelunasan tagihannya. Tapi ingat, tegas bukan berarti keras, karena kamu tetap harus menjaga nada bicaramu untuk selalu ramah.

Jadi, jangan sampai kehilangan kesabaran sambil membentak-bentak mereka karena tidak juga membayar. Hal tersebut justru bisa membuat hubunganmu bersama customer menjadi tidak baik di masa mendatang.

6. Tetap Bersikap Sopan dan Profesional

Pastikan dari awal sampai menutup pembicaraan, kamu harus selalu memakai bahasa yang sopan. Karena, customer bisa saja merasa terganggu apabila bahasa penagihan yang kamu pakai terdengar tidak sopan dan sarkas. Selain itu, kamu harus fokus dengan lawan bicaramu.

Jika perlu pakai kata ‘terima kasih’ dan ‘tolong’, di awal pembicaraan kamu bisa memperkenalkan dirimu baik-baik. Apabila kamu ingin orang lain menanggapi pembicaraan, maka kamu harus berbicara sopan dan buat mereka nyaman terlebih dahulu.

7. Membuat Catatan atau Rekam Percakapan

Jika kamu ingin merekam pembicaraan atau percakapan, sebaiknya izin kepada pihak debitur atau customer terlebih dahulu. Contohnya, kamu bisa meminta izin mereka untuk melakukan perekaman obrolan yang dilakukan. Hal tersebut penting agar tidak menyinggung perasaan customer, apabila kamu ketahuan harus merekamnya tanpa izin mereka.

Kamu juga bisa memilih opsi lain dengan membuat catatan. Jika kamu menyimpan catatan atas masalah atau perjanjian yang diajukan debitur, maka kamu bisa menghindari kontradiksi atau pengulangan yang sudah kamu katakan sebelumnya.

Sesudah melakukan panggilan telepon, mengirimkan email atau apapun, pastikan untuk merangkum percakapan seperti kapan debitur melakukan pembayaran dan lainnya. Tujuannya supaya tidak ada perselisihan antara kamu dengan pihak debitur.

Jika kamu tetap melakukan cara menagih hutang ke customer sesuai prosedur dengan tepat tanpa harus menyinggung perasaan mereka. Maka hal tersebut bisa tetap menjaga hubunganmu bersama customer di kemudian hari.

Tags: cara menagih hutangcara menagih hutang ke customer
Previous Post

WatZap Tool WhatsApp Marketing Tercanggih

Next Post

12 Cara Menolak Teman Pinjam Uang Secara Sopan dan Halus

BJM.web.id

BJM.web.id

Situs Blog Berita Terbaru dan Bermanfaat

Related Posts

Cara Cek Total Belanja Di Shopee
Keuangan

Cara Cek Total Belanja di Shopee

by BJM.web.id
November 16, 2022
135

Konten yang dilakukan selebriti Indonesia memberi dampak penasaran pada masyarakat, inilah yang membuat cara cek total belanja di Shopee Menjadi...

Read more
Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Beli Hp Iphone

5 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli HP Iphone

October 7, 2022
83
Cara Menabung Uang Jajan 2000

17 Cara Menabung Uang Jajan 2000

October 7, 2022
170
Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat

9 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

July 24, 2022
57
Cara Menolak Teman Pinjam Uang

12 Cara Menolak Teman Pinjam Uang Secara Sopan dan Halus

July 10, 2022
73
Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Dan Halal

29 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat dan Halal

May 24, 2022
91
Next Post
Cara Menolak Teman Pinjam Uang

12 Cara Menolak Teman Pinjam Uang Secara Sopan dan Halus

BJM.web.id Terpopuler

  • Rahasia Gojek Gacor

    42 Rahasia Gojek Gacor 2023

    21301 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 19 Cara Setting Akun inDriver Biar Gacor 2023

    51 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 6 Bocoran IT Gojek 2023 Agar Akun Gacor Anti Anyep Gagu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengertian Efisiensi Trafo, Rumus, Dan Cara Menghitungnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 9 Cara Setting HP Gojek Biar Order Masuk Terus Tanpa Root

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 10 Cara Memutihkan Pakaian dengan Mudah dan Cepat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 19 Cara PDKT Lewat WA dengan Wanita Cuek

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Setting HP Samsung Gojek Biar Gacor

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 4 Tips Menyimpan Sosis Agar Tidak Basi Tanpa Kulkas Sesuai Jenisnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 8 Cara Setting HP Xiaomi Gojek Biar Gacor 2023 Tanpa Root

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

BJM.web.id Update

Ciri Ciri Cowok Menahan Nafsu

Ciri-Ciri Cowok Menahan Nafsu

March 17, 2023
Cara Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Orang Tua

Cara Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Orang Tua

March 15, 2023
Cara Hidup Mandiri Dan Dewasa

19 Cara Hidup Mandiri dan Dewasa

March 12, 2023
Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori

Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori

March 10, 2023
Ciri Ciri Orang Bermuka Dua

19 Ciri-Ciri Orang Bermuka Dua

March 8, 2023
Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua

26 Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua

March 8, 2023
Cara Setting Shopee Food Gacor

19 Cara Setting Shopee Food Gacor

March 4, 2023
BJM.web.id

Blog Berita Terbaru dan Bermanfaat

BJM.web.id App

Temukan di Google Play

BJM.web.id Categories

  • Beauty
  • Bisnis
  • Edukasi
  • Fashion
  • Gaming
  • Gardening
  • Humor
  • Karir
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Kuliner
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Parenting
  • Properti
  • Quotes
  • Relationships
  • Rumah
  • Self Dev
  • Sepeda
  • Tekno
  • Wisata
  • About
  • Contact
  • Disclaimer
  • DMCA
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber
  • Terms of Service
  • Sitemap

© 2023 BJM.web.id - Blog Berita Terbaru dan Bermanfaat.

No Result
View All Result
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Kuliner
  • Lifestyle
  • Otomotif
  • Parenting
  • Properti
  • Rumah
  • Sepeda
  • Tekno
  • Wisata

© 2023 BJM.web.id - Blog Berita Terbaru dan Bermanfaat.

error: Content is protected !!