BJM.web.id – Cara mengelola waktu secara efektif sangatlah penting diterapkan oleh siapapun. Entah itu pelajar, mahasiswa, pekerja, pebisnis dan lainnya. Karena waktu setiap orang sama yakni 24 jam. Namun, sebagian orang ada yang bisa memanfaatkan waktu untuk hal positif tapi ada juga orang yang malah gagal menggunakan waktunya.
Dengan adanya artikel ini, akan bisa membantu Anda yang sedang kebingungan dalam hal atau cara pengelolaan waktu yang efektif dalam kehidupan sehari-hari.
Cara Mengelola Waktu Secara Efektif dan Efisien
1. Buat dan Susun Rencana Anda Sebaik Mungkin
Membuat rencana-rencana tentunya semakin meringankan pekerjaan Anda agar lebih terarah. Rencana yang sudah Anda catat akan membuat Anda hemat waktu untuk pekerjaan berikutnya yang penting.
Buatlah daftar proyek atau tugas apa saja yang ingin Anda lakukan. Mulailah dari yang terpenting sehingga Anda dapat lebih tenang jika sudah menyelesaikannya.
2. Patuhi Waktu Anda
Awanya terasa berat bagi orang yang belum terbiasa mengaplikasikan pengelolaan waktu yang harus diikuti. Jangan pernah menunda pekerjaan, karena itu malah membuat banyak beban nantinya. Anda akan merasakan manfaatnya jika Anda bisa menyelesaikan satu per satu pekerjaan yang telah direncanakan.
3. Bekerjalah dengan Fokus
Tetapkan hati dan pusatkan pikiran Anda pada apa yang ingin Anda kerjakan. Jauhi hal-hal yang menjadi pengganggu Anda ketika berusaha menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan.
Jangan sampai hal-hal yang tidak perlu dilakukan dapat menunda kesuksesan Anda di masa depan.
4. Jangan Takut untuk Memilih dan Memutuskan Sesuatu Hal
Orang yang ingin mengelola waktu secara efektif tidak akan berhasil jika selalu takut untuk mengambil keputusan. Anda harus belajar untuk memikirkan dan mengambil keputusan. Tentunya keputusan itu diambil berdasarkan pikiran yang sehat dan hati yang bijak.Selain itu, akan ada risiko yang juga siap dijalani setiap ada keputusan.
Bila itu bisa Anda lakukan maka pribadi Anda akan semakin maju dan berkembang pesat ke depannya.
5. Selalu Pelihara Kesehatan Anda
Waktu memang berharga bagi kita semua dan itu penting untuk dikelola. Di samping itu, kesehatan pun wajib dikelola dan dijaga. Karena dengan kesehatan, kita dapat mengelola waktu sehari-hari secara efektif dan efisien. Bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan lancar. Itu tidak lepas dari kondisi badan, pikiran dan jiwa yang sehat.
Anda bisa rutin melakukan olahraga untuk bisa menjaga kesehatan. Agar rencana Anda ke depan bisa terlaksana hingga sukses.
6. Jauhi Kegiatan NonProduktif
Terkadang kita suka melakukan hal atau kegiatan yang justru membahayakan dan sia-sia untuk diri kita sendiri bahkan orang lain. Mulai saat ini, jauhilah hal tersebut. Pikirkan lagi dengan bijak, hal-hal yang membuat diri Anda berkembang dan lebih baik dari sebelumnya.
Ingat, waktu terus berjalan dan sangat berharga. Jadi, sangat disayangkan bila kita terus menerus melakukan hal-hal negatif dan tidak produktif.
7. Upayakan Tidur Selama 6-7 Jam Per hari
Tidur merupakan hal penting dalam hidup Anda. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu waktu tidur Anda seperti main game online sampai larut malam, bahkan sampai bekerja sampai subuh. Ini jelas tidak baik untuk diri Anda.
Tubuh yang kurang waktu tidur akan terasa efek negatifnya. Anda sulit fokus dan badan tidak fit ketika pagi hari.
Dengan tidur yang cukup dan teratur, tubuh dan pikiran Anda dapat lebih nyaman dalam bekerja dan mengelola waktu.
8. Jadikan Profesi Inti sebagai Sebuah Rutinitas
Bila ini dilakukan maka itu menjadi hal yang membuat Anda senang. Anda membuat sebuah pekerjaan menjadi rutinitas bahkan kegemaran. Bila pekerjaan tersebut Anda anggap hobi, maka itu akan terasa ringan bila dikerjakan dan Anda menikmatinya.
Saat melakukannya pun Anda tidak merasa cepat capek ataupun bosan. Anda merasa semangat melakukannya.
9. Perhitungkan dan Pilih Jangka Waktu Pengerjaan Tugas
Dalam mengerjakan sebuah pekerjaan, Anda bisa saja memperkirakan berapa lama Anda bisa menyelesaikannya. Ini dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi tinggi dan antusias.
Tentukan waktu kapan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tujuan tepat guna dan pintar mengatur setiap waktu yang Anda miliki.
Dengan begitu, Anda akan terbiasa dalam memanfaatkan waktu yang ada dalam menjalankan tugas atau pekerjaan secepat mungkin.
Demikian cara mengelola waktu secara efektif yang bisa Anda terapkan dalam berbagai hal dalam hidup Anda. Semoga bermanfaat.
VIDEO 5 CARA MENGATUR AGAR PRODUKTIF