BJM.web.id – Manfaat LinkedIn untuk Bisnis Masih banyak yang belum tahu bahwa LinkedIn merupakan sosial media untuk para pebisnis. Mereka memanfaatkan LinkedIn untuk mecari jaringan, dalam rangka mengembangkan bisnisnya.
Manfaat LinkedIn untuk bisnis bermacam-macam, intinya sangat membantu untuk memperkenalkan usaha ke ranah publik.
Para fresh graduate juga bisa menggunakan LinkedIn untuk membuat profil profesional. Simak ulasannya berikut ini.
Manfaat LinkedIn Bagi Perusahaan
1. Sarana Membagikan Lowongan Pekerjaan
Sebuah perusahaan pasti membutuhkan karyawan baru, dan melakukan perombakan karyawan.
Biasanya perusahaan membuka lowongan untuk para fresh graduate, yang ilmunya masih baru dan mudah dituntun.
Maka dari itu perusahaan memerlukan LinkedIn untuk menyebar lowongan pekerjaan selain informasi tersebut ada di situs lowongan kerja.
Terdapat lebih dari satu juta perusahaan yang memiliki LinkedIn Company Pages.
LinkedIn memiliki lebih dari 10 juta lowongan pekerjaan aktif, yang bisa dicari oleh calon pekerja.
2. Tempat Membuat Profil Perusahaan
Manfaat LinkedIn untuk bisnis ialah memunculkan kesan pertama yang menarik perhatian. Lewat LinkedIn perusahaan akan memasang foto dan melengkapi detail company, agar mendapat first impression yang baik.
Pengunjung LinkedIn akan berpikir dua kali jika tampilan perusahaan tampak profesional. Mereka tidak akan ragu untuk menjalin kerjasama, atau pun berinvestasi dalam jumlah yang besar.
3. Mencari Talent Sesungguhnya
Bagi perusahaan besar tidak mudah menyeleksi surat lamaran pekerjaan, dan mendapatkan yang terbaik. Mereka harus segera menemukan sumber daya manusia yang unggul, serta bisa diajak bekerja sama.
Hal ini sering berlaku pada perusahaan yang memiliki skala bisnis yang luas. Di mana mereka membutuhkan seorang karyawan yang berintegritas tinggi, yang sekiranya sanggup bekerja dengan cepat.
Jika dulu bagian HRD rela menunggu kandidat yang tepat, kini tim HRD cenderung aktif mencari talent.
Di sinilah manfaat LinkedIn untuk bisnis dimana staf HRD berusaha terlibat dalam proses rekrutmen. Mereka mencari kandidat yang potensial melalui platform LinkedIn, dan menyeleksinya sesuai kriteria.
Untungnya fitur LinkedIn bisa dimanfaatkan tim HRD untuk melihat profil para fresh graduate.
4. Branding Nama Perusahaan
Di era digital kepercayaan lebih mudah dibangun lewat dunia maya, dengan cara marketing yang tersampaikan. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, seakan tidak memberi celah untuk lawannya.
Maka dari itu sebuah usaha membutuhkan LinkedIn, untuk mengenalkan bisnis ke dunia luar. Mengingat generasi sudah berubah di mana informasi lewat sosial media dapat berkembang dengan cepat.
Perusahaan membutuhkan branding yang bisa diperkenalkan melalui akun LinkedIn. Di platform ini perusahaan akan membagikan visi dan misi, serta budaya yang diterapkan oleh setiap karyawan.
Manfaat LinkedIn untuk bisnis dirasa lebih efektif dalam rangka mencari pekerja baru. Atau pun menggaet beberapa relasi yang ikut bergabung dengan LinkedIn.
Perusahaan jauh lebih mudah memonitor sejauh mana ia dikenal masyarakat, melalui beragam tanggapan pengguna lain.
5. Media Marketing B2B
Bagi pengguna aktif LinkedIn yang sudah profesional, tidak hanya memanfaatkan sebagai sematan profil biasa. Mereka memanfaatkan LinkedIn sebagai sarana untuk keperluan marketing B2B. Sebuah sistem marketing yang merujuk pada teknik pemasaran business to business.
Tidak heran jika perusahaan mulai berlomba untuk memasang iklan di LinkedIn, untuk menjangkau target pasar.
Kehadiran LinkedIn ternyata memiliki banyak manfaat, terutama dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang mengandalkan LinkedIn, sebagai media pemasaran yang jitu.
Mereka memasang iklan terbaik demi menarik perhatian pengguna LinkedIn. Tidak heran jika profil perusahaan tampak profesional. Tujuannya untuk menarik perhatian relasi supaya mudah untuk diajak bekerjasama. Selain itu LinkedIn juga tempat untuk mencari bibit unggul.