BJM.web.id – Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan – Salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan demi perputaran roda bisnis perusahaan lebih optimal adalah kualitas sumber daya manusia. Kualitas tersebut tentunya bergantung pada kompetensi yang dimiliki setiap karyawan.
Di samping kompetensi hard skill, kemampuan soft skill yang harus dimiliki karyawan menjadi penentu kesuksesan sebuah perusahaan. Berikut 5 soft skill yang perlu dikuasai saat bekerja:
1. Kemampuan mengambil keputusan
Dalam pekerjaan, masalah merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan bisa datang kapan saja. Oleh karena itu setiap karyawan dituntut mampu mencari solusi terhadap masalah-masalah yang datang tersebut.
Karyawan yang mampu menyelesaikan suatu masalah secara spesifik tentu akan menjadi seorang karyawan yang kompeten dan selalu dipercaya.
2. Keterampilan menggunakan komputer
Hampir semua pekerjaan saat ini membutuhkan pengetahuan dasar tentang teknologi seperti pemahaman terhadap komputer. Baik itu pekerjaan input data, mencatat presentasi hingga penguasaan spreadsheet.
Untuk bisa membuat laporan kerja yang baik setiap karyawan tentunya membutuhkan keterampilan ini. Bahkan ada beberapa perusahaan yang memasukkan keterampilan penguasaan komputer ini sebagai hard skill.
3. Kecakapan komunikasi verbal
Ucapan merupakan media penyampaian pesan utama yang paling efektif. Sehingga, penting adanya setiap karyawan memiliki kecakapan komunikasi baik itu kepada atasan, rekan bisnis atau sesama karyawan. Kecakapan komunikasi ini juga bisa membuat jenjang karir anda lebih cepat naik lho.
4. Berpikir secara kritis
Dalam dunia kerja kemampuan berpikir secara kritis juga sangat dibutuhkan. Sebab dengan berpikir secara kritis, anda akan memiliki banyak cara untuk bisa menyelesaikan berbagai macam masalah.
Selain itu berpikir kritis juga membuat anda tidak akan mudah terpengaruh oleh omongan-omongan orang sekitar yang belum tentu benar.
5. Kemampuan menyelesaikan masalah
Berpikir dengan kritis tentu akan memudahkan anda dalam menemukan berbagai solusi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah. Namun, kamu juga tetap harus menggunakan logika dan nalar untuk menemukan cara yang paling tepat.
Secara umum orang yang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah memiliki logika dan juga nalar yang tepat dalam memikirkan suatu hal.
Untuk meningkatkan soft skill, anda juga dapat mengasahnya sendiri dengan terus berlatih secara rutin. Karena kini kemampuan soft skill yang harus dimiliki karyawan menjadi kompetensi yang penting. Maka tunggu apa lagi, upgrade soft skill anda sekarang juga.